Mencari Tau Ebi Merupakan Hasil Olahan Dari ??

Mungkin para pecinta makanan yang terbuat dari udang pernah mencari tau ebi merupakan hasil olahan dari apa? Ebi merupakan udang yang memiliki ukuran sangat kecil dan biasanya juga di gunakan untuk memasak. Namun banyak orang yang sering keliru dalam membedakan antara ebi dan rebon karena memiliki ukuran yang hampir sama, tapi keduanya memiliki perbedaan contohnya dari segi ukuran hingga fungsinya dalam sebuah masakaan. Udang yang memiliki ukuran kecil ini sering di masak sebagai bumbu penyedap ataupun di jadikan berbagai macam camilan.

Ebi

Ebi Merupakan Hasil Olahan Dari

Apakah anda tau apa itu ebi? Ebi merupakan udang yang di olah kering atau sengaja di keringkan dan di gunakan sebagai bumbu penyedap makanan. Namun sampai saat ini masih banyak orang yang mencari tau ebi merupakan olahan dari apa. Ebi atau sering di sebut dengan sebutan udang ebi kering, udang ebi kering biasanya di tambahkan pada masakan tumis, masakan berkuah, atau hanya di gunakan sebagai taburan makanan. Selain di gunakan sebagai bumbu penyedap udang ebi juga memiliki beberapa manfaat contohnya adalah :

  • Ebi dapat mencegah kanker karena kandungan mineral yang ada pada udang dapet mendukung kesehatan tubuh.
  • Menjaga daya tahan tubuh yang di mana kandungan nutrisi lain yang terdapat pada ebi bisa mendukung kesehatan seorang pasien diabetes karena memiliki kandungan glukosa yang rendah.
  • Sebagai sumber omega-3, udang ebi merupakan makanan yang memiliki dua kandungan jenis omega-3, yaitu DHA dan EPA. Kedua kandungan omega-3 ini dapat mendukung kesehatan saraf sel-sel tubuh.
  • Mengatasi anemia, karena udang ebi yang kaya akan vitamin B dapat mengatasi kekurangan darah atau anemia.
  • Ebi yang memiliki kandungan protein yang tinggi bisa menunjang pertumbuhan rambut, kuku, dan meningkatkan massa otot.
  • Kandungan mineral yang udang ebi miliki seperti fosfor, selenium, dan kalsium dapat membantu perkembangan tubuh.

Ebi Merupakan Hasil Olahan

Bagi kalian yang masih mencari tau ebi merupakan hasil olahan dari apa, ebi adalah hasil olahan yang terbuat dari udang segar yang di keringkan dan biasanya di gunakan untuk memasak. Di lihat dari bentuknya, ebi berukuran kecil dan memiliki warna kemerahan serta teksturnya yang renyah. Ebi merupakan salah satu bumbu masakan bagi orang Tionghoa-Indonesia. Udang ebi adalah contoh olahan udang yang di awetkan. Di Indonesia, ebi sudah banyak di produksi di kawasan pesisir atau pantai contohnya Tegal dan Cirebon.

Baca Juga : Apa Penyebab Semangat Pemuda Indonesia Untuk Bersatu Atas Nama Indonesia

Resep Olahan Ebi

Ebi Merupakan Hasil Olahan Dari

Selain orang mencari tau ebi merupakan olahan dari apa. Tidak sedikit juga orang yang mencari resep olahan ebi yang salah satunya adalah sumpia ebi. Camilan ini bisa dengan mudah kalian buat di rumah, dan soal rasa dari camilan sumpia ebi sendiri memiliki rasa yang gurih dan renyah. Tidak hanya rasanya yang enak camilan yang satu ini memiliki wangi yang sangat harum. Sumpia ebi sering sekali di sajikan pada saat perayaan hari besar seperti hari raya ataupun pada sebuah acara keluarga.

Bahan Bahan

Cara membuat sumpia ebi kalian hanya memerlukan beberapa bahan, contohnya adalah :

  • Kulit lumpia siap pakai secukupnya.
  • 1 butir putih telur yang akan di gunakan sebagai perekat.
  • Sediakan minyak goreng secukupnya.

Untuk isian, kalian hanya membutuhkan bahan sebagai berikut :

  • Udang ebi secukupnya.
  • 3 siung bawang putih.
  • 1 sendok makan bwang merah yang sudah di goreng.
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk.
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk.
  • 4 sendok makan gula merah.

Cara Masak

Cara untuk memasak camilan yang satu ini tidaklah sulit, hal yang perlu di lakukan adalah :

  1. Merendam ebi selama 30 menit kemudian tiriskan.
  2. Haluskan bawang putih kemudian tumis menggunakan sedikit minyak sampai harum. Setelah itu tumis ebi sampai kering kemudian tiriskan.
  3. Campurkan ebi yang sudah dimasak dengan bawang merah goreng, kaldu bubuk, gula merah, ketumbar bubuk. Kemudian haluskan sampai benar-benar halus, dan ebi sudah siap di gunakan.
  4. Potonglah satu lembar kulit lumpia yang sudah di siapkan menjadi 4 bagian.
  5. Isi potongan kulit lumpia dengan ebi secukupnya, setelah itu lipat hingga menyerupai sebuah amplop dan rekatkan bagian tepi kulit lumpia menggunakan putih telur.
  6. Goreng sumpia ebi menggunakan api kecil sampai warnanya berubah kecoklatan dan garing kemudian angkat dan tiriskan.
  7. Simpan sumpia ebi yang sudah matang di dalam tople kedap udara.